Klik… Sebagai Teknologi Pengganti DVD Masa Depan

Blu-ray dan HD-DVD, Sebagai Teknologi Pengganti DVD Masa Depan

Persaingan format DVD generasi mendatang tampaknya lebih diwarnai oleh Blu-ray dan HD-DVD. Teknologi HD-DVD dan Blu-ray Disk (BD) merupakan generasi depan penyimpan data berbentuk cakram yang bersifat optic yang dapat menyimpan video definisi tinggi (high-definition video) dan memiliki kerapatan data yang tinggi. Salah satu kelompok yang mendukung salah satu format teknologi tersebut sangat berharaf menunggu kelanjutannya. Pertanyaannya siapa yang akan menang, namum konsumen sebagai pengguna sangat besar diuntungkan dengan persaiingan tersebut.
Baik dari kelompok Blu-ray atau HD-DVD keduanya keduanya merupakan format pengganti teknologi DVD yang ada saat ini. Karena format teknologi tersebut sangat menjanjikan untuk penyimpanan data yang lebih besar lagi dan kwalitas yang lebih bagus. Coba saja kalau kita bandingkan DVD yang mempunyai kapasitas hingga 4.7GB (gigabyte), sedangkan HD-DVD yang ada sekarang kapasitasnya dapat menyimpan data hingga 30GB, dan Blu-ray mampu menyimpan data lebih besarlagi hingga sampai 50GB.
Blu-ray menggunakan panjang gelombang paling pendek (405 nm) dengan laser berwarna biru (secara teknis berwarna biru-ungu), laser tersebut memiliki kemampuan menyimpan data lebih banyak lagi bila dibandingkan dengan DVD, tetapi memiliki definisi fisik yang sama dengan DVD dengan bentuk dan ukurannya sama persis, tetapi yang membedakannya penyimpanan datanya menggunakan sinar laser yang berwarna biru sedangkan kalau DVD sinar laser yang dipancarkannya berwarna merah dengan panjang gelombangga 650 nm.

Mirip DVD

Blu-ray dan HD-DVD secara fisiknya identik sama dengan DVD yang ada sekarang ini, yang mempunyai diameter cakramnya 12 cm, dan cakram berdiameter 8 cm yang saat ini banyak digunakan untuk handycam, berkapasitas 15 GB. Untuk menjamin format cakram Blu-ray mudah dikembangkan dan teknologi yang future-proof, tidak pernah out of data alias ketinggalan zaman, disertai kemampuan multi-player disk yang memungkinkan dapat mendongkrak penyimpanan data hingga 100 GB – 200GB dengan kapasitas 25 GB per layer. Kedepannya akan lebih mudah untuk peningkatan kapasitas penyimpanan datanya dengan menambag lebih banyak lagi layer ke dalam cakram.

Ciri-ciri media penyimpan data berjenis blu-ray antara lain sebagai berikut:

  1. Menggunakan laser berwarna merah dengan panjang gelombanggnya sampai 650nm.
  2. Panjang gelombang yang digunakan paling paling pendek adalah 405 nm dengan laser warna biru.
  3. Mempunyai diameter berukuran 12 cm dan cakram berdiameter 8 cm.

Kelebihan dan Kelemahan
Beberapa kelebihan dan kelemahan dari HD-DVD dan Blu-ray ini diantaranya:

  1. Kedua player dari Blu-ray dan HD-DVD dapat membaca jenis piringan dengan format DVD.
  2. Kualitas gambar tajam dan jernih karena memiliki High Definition (HD).
  3. Memiliki kapasitas penyimpanan data hingga 30 GB untuk HD-DVD dan 50 GB untuk Blu-ray Disk, sementara DVD hanya 17 GB.
  4. Memiliki ketajaman video lebih tinggi 720p, 1080i, sedangkan DVD 480i, 576i.
  5. Standar Definition Blu-ray 23 jam, HD-DVD 15 jam dan DVD yang ada sekarang hanya 8 jam.
  6. Sedangkan kelemahannya dari HD-DVD tidak bisa dikenali/dimainkan pada Blu-ray begitupun sebaliknya Blu-ray tidak dapat dimainkan pada HD-DVD.

Sumber http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/1105/10/cakrawala/lainnya02.html;
http://www.ebizzasia.com/0324-2005/focus,0324,03.html;
http://www.indosiar.com/md/md_read.html?id=1466




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: