Klik… Chatting dengan Menggunakan Program mIRC


Chatting atau ngobrol via internet merupakan salah satu fasilitas internet yang paling banyak disukai oleh para kawula muda untuk berbicara dengan siapa saja di seluruh dunia yang terkoneksi ke internet. Dengan chatting, kita bisa bicara dengan teman, pacar atau siapa saja yang berada jauh dari kita. Kita bebas menggunakan bahasa apa saja yang kita kuasai, bisa bahasa inggris, jerman, perancis atau bahasa planet lain bila ada alies yang menghubungi anda.
Untuk dapat menggunakan fasilitas ini, kita harus menginstall softeware untuk chatting, salah satu software yang paling banyak digunakan saat ini adalah mIRC yang ciptakan oleh Khaled Mardam-Bey. mIRC adalah program shareware IRC client yang diperuntukan untuk sistem operasi windows. IRC atau Internet Relay Chat adalahsuatu sistem yang memungkinkan orang diseluruh dunia menggunakan media internet sebagai tempat untuk saling berkomunikasi dengan cara mengetikkan pesan dari keyboard komputer. Didalam IRC tersedia banyak channel (chat room) yang terdiri dari bermacam-macam topik pembicaraan. Tidak ada batasan berapa orang yang boleh memasuki suatu channel tertentu. Dan setiap orangjuga bebas untuk keluar dari channel tertentu.

8.1 Memulai Chatting
Langkah-langkah untuk memulai chatting ; (asumsi : komputer telah terkoneksi ke internet)
a) Klik Start, dan pilih Program.
b) Pilih mIRC dan klik mIRC32, maka akan tampil layar pembuka.
catng1

Catatan : (jika muncul layar about IRC, sebelum layar ini, keluarlah dari layar tersebut dengan meng-klik icon close (X) yang terdapat pada bagian atas kanan dari jendela tersebut)
Full Name, diisi dengan nama anda, misal ROMEO
E-Mail Address, diisi dengan alamat email anda, misal romeo@hotmail.com
Nickname, diisi dengan nama samaran kita untuk berbicara di internet, misal R0meo (usahakan nama ini unik, kalau bisa gabungan dari huruf dan angka, huruf 0 pada kata romeo merupakan angka nol (0) bukan O). Maksimal panjangnya sembilan (9) karakter.
Alternative, diisi dengan nama samaran alternatif, jika nama samaran ya pertama (R0meo) telah dimiliki oleh orang lain, maka inilah nama anda.
Ceklislah pilihan invisible mode jika anda tidak ingin nama anda dilihat oleh orang lain yang tidak satu channel dengan anda. Dengan menandai pilihan ini, maka orang tidak bisa masuk ke channel anda tanpa diundang.
Catt : Kita boleh mengisi data diatas, dengan nama atau email palsu jika memang tidak mau diketahui oleh orang lain.
c) Pada kotak Nama Server, pilihlah salah satu server yang letaknya dekat dengan lokasi kita. Standarnya adalah Random US Dalnet Server.
d) Klik tombol Connect to IRC Server, agar kita bisa terkoneksi ke IRC server yang telah dipilih tadi. Jika tampil layar status seperti berikut :
catng4

ini berarti koneksi ke IRC (irc.cbn.net.id misalnya) tidak bisa tersambung, gantilah IRC server. Kalau tidak diganti, saya jamin anda…akan bengong aja, selamat bengong !!!
Jika koneksi berhasil, maka muncul layar seperti berikut ;

catng2

Catt : boleh menggunakan tanda pagar (#) diawal nama channel, boleh juga tidak.
e) Klik Join untuk bergabung dengan channel pilihan anda, misal Padang, maka akan tampil layar berikut ;
catng3

f) Double kliklah salah satu nama orang (nick) yang akan anda ajak chatting, misal orang dengan nick co_asik, maka akan tampil jendela khusus untuk percakapan dengan co_asik, dan ketikkan salam perkenalan, misal Hai, Hi, Hallo, pa khabar, met siang dan lain-lain.

catng5

g) Selamat, anda telah berhasil chatting !!!
Sambil menunggu BONO menjawab, anda boleh mengajak yang lain untuk chatting dengan anda. Jika si BONO menjawab, maka namanya akan berwarna merah pada daftar orang yang anda ajak chatting, asyik-kan.

Mengenal perintah dasar IRC
a. Bergabung dengan channel lain
Untuk bergabung dengan channel lain, dapat dilakukan dengan cara ;
1. Pilih Commands dan klik Join Channel, sehingga muncul kotak dialog mIRC input request ;

2. Ketikkan nama channel yang anda inginkan, misal ‘padang’
3. Klik OK, maka channel padang akan aktif.
Atau dengan cara ;
Klik icon channel folder dengan lambang , pilih daftar channel yang ada atau ketikkan nama channel yang diinginkan, lalu klik Join. Disamping cara diatas, kita juga bisa bergabung dengan suatu channel dengan menggunakan perintah /join namachannel misalnya /join padang (ingat tidak boleh ada spasi setelah / (slash))
b. Mengganti Nickname
Perintahnya : /nick nickbaru
Misalnya : sebelumnya nick anda R0meo, mau diganti menjadi g4gah, maka ketikkan /nick g4gah
c. Mengirim file
1. Klik menu DCC, pilih SEND sehingga muncul kotak dialog SEND.
2. Ketikkan nama nick orang yang akan dikirim, tentukan nama file dan lokasi file yang akan dikirim, lalu klik SEND.
d. Chatting secara private
Perintah : /msg nicknama pesan
Misal : mau chatting secara private dengan nickname Juli3t, maka perintah /msg Juli3t chatting private yuk

Beberapa perintah lainnya ; (asumsi nickname anda R0meo dan bergabung di channel padang)

catng6

Daftar Singkatan dan Simbol Emosi yang sering digunakan
Singkatan dan simbol emosi sangat sering digunakan dalam Chatting, biasanya berupa bahasa prokem, tapi kita juga hati-hati dalam menggunakannya, apalagi simbol emosi, kalau salah simbol, artinya bisa berbeda 180 derajat dengan dimaksud, hati-hati Ok!
a. Daftar Singkatan
catng7

b. Daftar Simbol Emosi

catng8

Masih banyak lagi singkatan dan simbol emosi yang digunakan dalam chatting, setiap negara mempunyai ciri khas tertentu. Jika anda menerima suatu singkatan atau simbol dan tidak tahu artinya, maka bertanya kepada orang tersebut dengan cara memberi tanda tanya diakhir singkatan atau simbol tersebut. Misal anda menerima simbol singkatan seperti ‘:V:-|’ dan anda tidak tahu maksudnya, maka balaslah dengan ‘:V:-| ?’, maka orang tersebut akan memberitahu anda maksudnya. Semakin sering anda chatting, semakin banyak kosa kata anda dalam berchating.

Etiket Dalam Chatting
Dalam chatting, ada beberapa aturan yang diperhatikan, diantara ;
Jangan pernah memberikan informasi pribadi apapun, seperti nomor telepon, alamat rumah dan lain-lain kepada orang yang belum anda kenal.

  1. Jangan pernah menggunakan nama asli sebagai nickname anda.
  2. Jangan pernah berjanji untuk bertemu dengan seseorang yang satu kota dengan anda, kalau anda tidak benar-benar mengenal orang tersebut.
  3. Jangan pernah mengetik percakapan menggunakan HURUF BESAR, karena anda dianggap sebagai teriakan.
  4. Jangan pernah kata-kata anda berisi informasi yang tidak bermakna, seperti menekan enter berulang kali.
  5. Jangan pernah menggunakan kata-kata yang tidak senonoh (tidak sopan), karena hal ini membuat anda akan ditendang oleh operator channel tersebut, sehingga anda tidak bergabung lagi.
  6. Jangan pernah melayani teman chatting yang menggunakan kata kasar atai tidak sopan.

Hal-Hal Yang Membuat Tidak Bisa Bergabung Dengan Channel Tertentu
Ada beberapa hal yang membuat kita tidak bisa untuk bergabung dengan channel tertentu ;
1. Channel tersebut di BANNED
2. Anda kena KILL/KICK oleh Operator
3. Terlalu banyak koneksi ke Chanel tersebut
4. Koneksi anda ditolak.
Point 1 dan 2, biasanya disebabkan oleh menggunakan kata-kata yang tidak sopan atau melanggar peraturan channel tersebut, sehingga tidak diperkenankan oleh operator channel tersebut. Channel ke BAN biasanya bisa 1 jam, 2 jam, 1 hari, minggu bahkan sampai 1 bulan, hal ini tergantung kepada operatornya. Sama halnya dengan BAN, KILL/KICK juga disebabkan oleh kata-kata yang kurang sopan, tapi yang tidak diizinkan masuk ke channel tersebut hanya anda sendiri. Sedangkan point 3 dan 4 disebabkan oleh masalah teknis pada server tersebut. Jika anda mengalami hal tersebut, gantilah IRC server anda dengan IRC server yang lain.


  1. saya ingin gabung dengan anda…🙂

  2. Tremendous issues here. I’m very glad to peer your article. Thanks a lot and I am taking a look ahead to contact you. Will you please drop me a mail?




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: