Klik… Kembalikan Hak Orang Lain dan Jangan Berlaku Dhalin

Jangan Berlaku Dhalin dan Kembalikan Hak Orang Lain

arab1
Tidalah bagi orang dhalim itu sahabat karib, atau pembela yang dapat diikuti.
(Al mu’min 18)

arab2
Dan kalau Allah menghendaki niscaya Allah menjadikan mereka satu umat (saja), tetapi Dia memasukkan orang-orang yang dikehendaki-Nya ke dalam rahmat-Nya. Dan orang-orang yang zalim tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dan tidak pula seorang penolong.
(Asy  Syuura 8)

Djabir r.a. berkata: Rasulullah s.a.w. bersabda: awaslah kamu dari pada aniaya (dhalim), karena dhalim itu merupakan kegelapan di hari qiamat, dan awaslah dari kikir karena kikir itu yang telah membinasakan ummat-ummat yang sebelum kamu. Mendorong mereka hingga menumpahkan darah dan menghalalkan semua yang haram
(muslim)

Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah s.a.w. bersabda: Sungguh pasti semua hak akan dikembalikan pada yang berhak pada hari qiamat, hingga kambing yang tidak bertanduk diberi hak (kesempatan) membalas pada kambing yang bertanduk.
(muslim)

Penjelasanya: Yang dahulu di dunianya pernah ditanduk dan belum dapat membalasnya karena terburu mati, maka pembalasan menurut keadailan telah dituntut dari binatang yang tidak berakal, dan tentunya bagi manusia yang berakal walaupun itu beda agama, suku atau kebangsaannya itu akan lebih pasti menuntut haknya yang telah dirampas dengan balasan yang lebih berat lagi.

Aisah r.a. berkata: Rasulullah s.a.w. bersabda: siapa yang mengambil hak orang lain walau sejengkal tanah, maka akan dikalungkan hingga tujuh petala bumi.
(Buchari, Muslim)

Penjelasannya: Bila oranglain menggeser-geserkan batas tanah walaupun sejengkal, maka nanti diakhirat tanah tersebut disuruh digali sehingga tujuh lapis (petala) kemudian disuruh untuk dikalungkan dilehernya pada orang yang telah mengambil hak orang lain yang berupa tanah dengan cara menggeserkan batas tanah tersebut. Ini hanya sebagaian contoh untuk orang yang mengambil hak orang lain berupa tanah tapi aturannya akan sama dengan mengambil hak orang lain berupa apapun juga.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: