BERAT SIKSA

ORANG YANG MENGANJURKAN KEBAIKAN DAN MENCEGAH MUNKAR, TETAPI PERKATAANYA MENYALAHI PERBUATAN

arb1

Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidakkah kamu berpikir? (Al-Baqarah 44)

arb2

Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat?. Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan. (Ash Shaff 2 – 3)

Abu Zaid (Usamah) bin Zaid bin Haritsah r.a. berkata: Saya telah mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda: Seorang diharapkan di hari qiyamat. Kemudian dilemparkan ke dalam neraka, kemudian keluar usus perutnya, lalu berputer-putar di dalam neraka bagaikan himar yang berputar disekitar penggilingan maka bekerumun ahli neraka padanya sambil bertanya: Hai fulan, mengapakah engkau, tidakkah kau dahulu menganjurkan kebaikan dan mencegah mungkar? Jawabnya: Benar, aku dahulu menganjurkan kebaikan, tetapi tidak saya jalankan, mencegah munkar tetapi saya kerjakan. (Buchary, Muslim).

Mungkin dengan keterangan ini ada orang yang mencibir, seolah tidak mempercayai pada quran dan hadis. Karena dia itu hanya membuat keputusannya dengan akalnya sendiri. Padahal kalau kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari, kenapa kita harus sakit?, kenapa kalau sakit harus perlu diobati?, ya mungkin jawabannya kita masih ingin hidup. Atau kenapa kita hentikan saja kematiannya? Supaya kita hidup terus. Tetapi tidak ada seorangpun yang bisa menghentikan kematian walau didukung ribuan dokter ahli atau menggunakan peralatan canggih.


  1. Intinya adalah melakukan apa yang kita katakan, terlebih dalu melakukan sebelum mengatakan ^^




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: