Negara yang Memblokir Situs Sosial Media

Sosial Media bukan hal baru di dunia cyberspace , sosial media memberikan banyak manfaat , tetapi juga jika disalahgunakan dapat memberikan dampak yang buruk . Banyak negara – negara luar yang sengaja memblokir situs sosial media untuk menjaga rakyat dan kepemerintahan nya dari dampak buruk dari sosial media . Berikut negara negara yang memblokir situs sosial media .

Arab Saudi

downloadDi antara negara lain, Arab Saudi adalah negara yang paling menentang dan melarang kehadiran situs sosial media, khususnya di negaranya. Mereka bahkan tidak hanya memblokir jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, tapi juga telah memblokir aplikasi semacam WhatsApp, Viber, dan Skype.

Korea Utara

download1

Meski memiliki teknologi internet yang mumpuni, namun pemerintah Korea Utara memberlakukan akses internet yang sangat dibatasi. Jangankan untuk aktif di sosial media, bahkan untuk mengakses situs-situs biasa pun, rakyat di sana tidak bisa leluasa. Di Korea Utara, situs sosial media dianggap tidak ada.

China

download (1)

Sejak tahun 2009, pemerintah Cina memblokir Facebook, Twitter, dan Youtube. Hanya di daerah perdagangan bebas di Shanghai Zone orang bisa mengakses situs media sosial secara bebas, namun di sebagian besar wilayah lain masih diblokir oleh pemerintah.

Salah satu tujuan pemerintah Cina memblokir situs media sosial disebabkan keinginan untuk memajukan aplikasi dan jejaring sosial lokal, seperti Sina Weibo ataupun Tencent.

Vietnam

images (2)

Sejak September 2013, Vietnam mengesahkan undang-udang yang melarang warganya melakukan posting konten anti pemerintah di internet. Mereka juga memblokir Facebook, melarang semua layanan OTT (Over The Top) seperti Line dan WhatsApp, pendeknya melarang atau setidaknya membatasi penggunaan jejaring sosial oleh warga negaranya.

Kongo

download2

 Di latarbelakangi konflik internal dalam negeri, pemerintah Republik Demokratik Kongo melarang warga negaranya menggunakan sosial media di internet untuk berkomunikasi. Facebook dan Twitter pun diblokir di sana. Tidak hanya itu, rakyat Kongo bahkan tidak bisa menikmati layanan SMS (short message service).

Bangladesh

download3

Bangladesh memblokir Facebook dan melarang warganya mengakses situs jejaring sosial itu, sebagai bentuk protes atas terunggahnya foto karikatur Nabi Muhammad di halaman jejaring sosial tersebut. Pemerintah Bangladesh juga pernah memblokir Youtube setelah muncul video anti Islam di situs itu.

Pakistan

download (3)

Tidak jauh beda dengan Bangladesh, Pakistan juga memblokir Facebook di negaranya dengan alasan yang mirip, yaitu sebagai bentuk protes atas munculnya ajakan untuk mengikuti lomba menggambar karikatur Nabi Muhammad di salah satu halaman Facebook. Tidak hanya Facebook yang diblokir, situs sosial media semacam Twitter juga ikut diblokir.

Tajikistan

download (4)

Semula, yang muncul hanya berita yang menyebutkan bahwa pemerintah Tajikistan, melalui Departemen Telekomunikasinya, telah menghilangkan akun Facebook dari 41.000 pengguna di negaranya. Entah berita itu benar atau tidak, yang jelas Tajikistan kemudian benar-benar memblokir sistus sosial media Facebook di negaranya, hingga semua orang di sana tidak bisa menggunakan.

Di samping Facebook, Tajikistan juga pernah melakukan pemblokiran terhadap situs YouTube setelah munculnya video presiden mereka sedang menari.

Iran

download (5)

Selain China, Iran juga pernah memblokir situs sosial media seperti Facebook, Twitter, dan You Tube. Sejak pemilihan presiden 2009 yang kontrobersial Iran langusng memblokir situs-situs sosial media yang telah disebutkan tadi. Alasan utama Iran adalah, pemerintah tidak ingin pengaruh barat mendominasi opini publik di negara mereka. Pemblokiran ini terus berlangsung hingga 2013 dan hingga akhirnya pemerintah angkat tangan memblokir situs-situs tersebut. Menteri Kebudayaan Iran Ali Janati mengeatakan:

“Empat juta rakyat Iran memiliki (akun) Facebook, sekalipun kami telah membatasi itu,” . “Kami tidak bisa membatasi kemajuan (teknologi tersebut) dengan dalih melindungi nilai-nilai Islam,”. kata Janati.

Turki

download5

Berita pemblokiran situs terbaru adalah Turki. Pada tanggal 27 Maret 2014 Turki akhirnya memblokir YouTube secara legal. Awalnya Turki meminta Google untuk tidak menayangkan video-video menganggu negara mereka. permintaan ini di tolak oleh Google yang membuat pemerintah memblokir situs streaming terbesar pada saat ini.

Pemblokiran ini hanya berlangsung beberapa jam saja setelah kemunculan video pembicaraan Kepaal Intelijen Turki dengan Menteri Luar Negeri yang membahas kemungkinan operasi militer di negara tetangganya, Suriah. Satu minggu sebelumnya, melalui Twitter tersebar rekaman pembicaraan yang mengaitkan Perdana Menteri Recep Teyed Erdogan dalam kasus korupsi. Secepat kilat pemerintah Turki langusng memblokir Twitter untuk beberapa jam hingga rekaman tersebut dibersihkan.

Jerman

download (2)

Jerman juga pernah memblokir YouTube tetapi hanya 61 dari semua video yang ada di YouTube karena masalah lisensi. Pemblokiran ini di usung oleh GEMA (salah satu label musik lokal Jerman). mereka menyuruh YouTube memblokir video yang memiliki lisensi mereka. Pemblokiran ini sudah sejak 2009.

Negara – Negara Lainnya 

Libia, Brasil, Thailand, dan Turmenistan juga pernah memblokir YouTube, facebook, dan Twitter karena masalah politik dan pemerintahan. Yang terakhir dan mungkin tidak perlu dipertanyakan lagi adalah Korea Utara. Negara penganut komunis tradisional mengisolasi diri dari negara luar terutama negara barat. Bukan hanya situs-situs saja yang diblokir, pemerintah juga membatasi secara ketat penggunaan internet di negara tersebut.

Jadi negara negara diatas membuat kebijakan dimana situs sosial media tidak dapat diakses karena alasan alasan tertentu , tetapi bukan berarti mereka ketinggalan informasi yang banyak tersebar luas di sosial media , bahkan kebijakan tersebut membuat masyarakat mereka untuk berfikir lebih inovatif , seperti china yang membuat sosial media yang khusus untuk negara mereka sendiri , tetapi kita juga tidak boleh terlalu bangga terhadap china , karena indonesia juga mampu membuat sosial media asli buatan anak bangsa , walaupun belum setenar sosial media yang lainnya . Oleh karena itu memang ada sisi baik dan buruk dari kebijakan yang dilakukan oleh negara negara tersebut yang memblokir situs sosial media .

Sumber :

http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/2014/06/negara-negara-yang-anti-sosial-media.html

http://m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=153162

https://www.google.co.id/imghp?hl=id&tab=wi&ei=sfETVa21HZWQuQTEqIGgCA&ved=0CA8Qqi4oAg

Iklan



    Tinggalkan Balasan

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: