Oleh: Yayat Hidayatulloh

Dalam pembuatan materi ini kami mencoba untuk memberikan pemahaman pada pengguna computer yang masih belum mengerti server. Karena ada juga orang yang mendefinisan bahwa computer server itu harus yang mempunyai spesifikasi yang tinggi, tetapi dari beberapa buku yang kami baca dan kami praktekkan ternyata tidak seperti perkiraan yang Dia bayangkan. Karena yang telah kami coba dengan menggunakan Windows Server 2000 kini diganti dengan Windows Server 2003 dan harware dari spesifikasi yang minimal ternyata masih bisa stabil untuk digunakan 24 computer klient dalam lingkungan sendiri. Tapi kami belum mencoba untuk Windows Server 2008 karena dengan keterbatasan hardware yang ada dalam computer kami sendiri.

a. Persyaratan Minimal Hardware
Komputer yang akan digunakan untuk Windows Server 2003 harus memenuhi persyaratan minimal perangkat keras (hardware) yang digunakan sebagai berikut:
tabel1

Perangkat keras yang dipergunakan harus terdaftar di dalam Microsoft Hardware Compatibility List (HCL), hal ini untuk memastikan agar Sistem Operasi Windows Server 2003 akan bekerja dengan baik, karena perangkat yang sudah terdaftar di HCL telah diuji coba oleh Microsoft.
Walaupun Windows Server 2003 dapat diinstal pada computer yang memenuhi persyaratan minimal di atas. Tetapi sangat dianjurkan agar computer yang digunakan yaitu yang didesain khusus untuk server terutama yang banyak klientnya apalagi kalau digunakan untuk umum. Karena klau computer yang didesain khusus umumnya lebih reliable dan mendukung penggunaan komponen-komponen unggul seperti motherboard dengan processor ganda, memori jenis ECC, hardware  RAID, Scasi dan SATA ganda, serta chasis khusus dengan power supply ganda yang didesain khusus untuk server.

b. Mengenal Keluarga Windows Server 2003
Perusahaan Microsoft mengeluarkan empat keluarga system operasi Windows Server 2003, yaitu:
* Windows Server 2003, Edisi Web: Mendukung penggunaan khusus seperti web server. Edisi Web ini tidak dapat digunakan sebagai Domain Controller serta tidak mendukung fax service, terminal service, dan Internet Authorization Server (IAS).
* Windows Server 2003, Edisi Standard: Mendukung Symmetric Multi-processor dengan maksimal empat buah processor (CPU) dan 4GB RAM. Sistem operasi ini umumnya digunakan sebagai server untuk jaringan kecil sampai menengah sebagai domain controller, file server atau application server.
* Windows Server 2003, Edisi Enterprise: Mendukung Symmetric Multi-processor dengan maksimal delapan buah processor (CPU) dan 32MB RAM. Sistem operasi ini umumnya digunakan sebagai server untuk jaringan menegah sampai besar (enterprise). Mendukung fasilitas cluster untuk dua server.
* Windows Server 2003, Edisi Daracenter: Mendukung Symmetric Multi-processor dengan maksimal 32 processor (CPU) dan 64GB RAM. Juga mendukung fasilitas cluster sampai empat server. Data center hanya dijual berupa OEM (Original Equepment Manufacturer) dengan server yang khusus didesain untuk mendukung system operasi ini yang umumnya berguna untuk memproses data base yang sangat besar. Mendukung fasilitas cluster untuk empat server.

Jadi sebelum menggunakan system operasi Windows Server 2003, perlu direncanakan edisi Windows Server 2003 yang akan kita pakai. Karena bergantung pada edisi Windows Server 2003 yang akan kita gunakan, diperlukan lisensi yang sesuai.

Catatan:
Berbeda dengan keluarga Windows 2000 yang memiliki edisi Windows 2000 Professional sebagai system operasi computer pemakai, keluarga Windows 2003 tidak memiliki edisi Professional. Sebagai penggantinya, Microsoft memperkenalkan system operasi Windows XP edisi Professional dan edisi Home untuk computer pemakai. Windows XP Professional dapat dipakai sebagai anggota domain Windows Server 2003, sedang Windows XP Home hanya dapat dipakai sebagai anggota workgroup.

Keuntungan dengan Menggunakan Windows Server 2003

Mungkin kita sebelum mengganti program system yang digunakan untuk computer pusat pelayanan dalam jaringan, kita akan berfikir dulu mengenai kelebihan dan manfaat dari program tersebut. Itu tentunya bagi orang yang belum mengenal dan mencoba dari system server, tetapi bila kita sudah mengetahui kelebihan dan manfaatnya tentu kita akan tertarik untuk mencobanya. Untuk melihat kelebihannya dapat kita gunakan dari beberapa fasilitas yang disediakan oleh program system tersebut diantaranya;

  1. File Server; yang bermanfaat untuk menyimpan file dari seluruh computer klient dalam sebuah jaringan. Dengan menggunakan system ini kita akan memeudahkan untuk berintegrasi dan pencarian file, juga dalam penyimpanan file dapat dilakukan tanpa perlu mengetahui letak sebenarnya file tersebut.
  2. Application Server; untuk menjalankan dan menyimpan suatu program aplikasi. Aplikasi diinstal diserver tidak perlu semuanya diinstal diklien, kemudian bisa dioprasikan dari semua computer klient.
  3. Wb Server; server dapat digunakan sebagai host sebagai penyimpanan aplikasi web baik dalam lingkungan intranet maupun dalam jaringan internet.
  4. E-Mail Server; dapat digunakan sebagai email server dengan menggunakan program tambahan diantaranya Outook express, Exchange, maupun MDaemon.
  5. Member Server; dapat digunakan sebagai workstation dengan cara menyeting kedalam member server, sehingga tidak difungsikan lagi sebagai pengaturan dalam jaringan. Untuk mengubahnya kedomain controller perlu pengaturan lagi dalam DCpromonya.
  6. Domain Controller; merupakan pengaturan dalam jaringan, diantaranya manajemen sumber daya dan objek jaringan dari DC. Karena mempunyai akses penuh terhadap Active Directory yang hanya dapat login dalam Domain Controller.
  7. Volume Shadow Copy Service (VVS); untuk membuat salinan pada saat tertentu (point-of-time copy) pada file yang disimpan yang dishared folder termasuk file yang sedang dipakai. Fasilitas ini berguna terutama untuk backup data untuk program-program yang terdapat dalam server.
  8. Internet Information Service (IIS) dalam Windows server 2003 memiliki iis versi 6, yang memiliki arsitektur web server yang lebih tangguh dan mendukung program-program berbasis XML.Headles Server mode; pada Windows server 2003 dapat dijalankan tanpa memerlukan keyboard, mouse dan monitor. Dengan menggunakan fasilitas Emesgency Management Service (EMS) dapat dilakukan pegaturan jarak jauh atau dengan menggunakan computer kliet.
  9. Active Directory Domain Rename; fasilitas ini dapat merubah nama domain, yang berbeda dengan windows server NT dan 2000, jadi dapat memberikan fleksibilitas dalam administrasi jaringan.
  10. Automated System Recovery (ASR); yang merupakan fasilitas baru dalam Windows server 2003 yang dapat memperbaiki kerusakan system secara otomatis jika terjadi musibah. Sehingga dapat memudahkan restorasi system oparasi yang rusak.

Masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang lainnya yang dapat kita manfaatkan dari Sytem server, apalagi kalau kita menggunakan Windows server 2008 itu lebih banyak lagi keuntungannya dalam pengaturan sebuah jaringan. Tetapi semua fasilitas tersebut belum bisa kita rasakan karena masih mahalnya program yang disediakan oleh perusahaan Microsoft tersebut.

Konfigurasi dan Mengatur Sistem Operasi Server Untuk Administrator Jaringan

BERSAMBUNG

DAFTAR PUSTAKA

Dan Holme and Orin Thomas, Microsoft MCSA/MCSE Self-Paced Training Kit (Exam 70-290): Managing and Maintaining a Microsoft Windows Server 2003, Microsoft Press, 2003.

Lisa Donald, Suzan Sage London, James Chellis and Suzan Rupp, MCSA/MCSE: Windows Server 2003 Environment Management and Maintenance Study Guide (70-290), Sybex Press, 2003.

Dede Sopandi, Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer, Informatika Bandung, 2004

Bunafit Nugroho, Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Windows & Linux, Andi Yogyakarta, 2005.

Ir. Hendra Wijaya, Belajar Sendiri Microsoft Windows 2000 Server, PT Elex Media Komputindo, 2002 (membahas mengenal cara instalasi, konfigurasi , dan administrasi Windows 2000 Server).

Ir. Hendra Wijaya, Belajar Sendiri Microsoft Windows Server 2003, PT Elex Media Komputindo, 2003 (pedoman persiapan pengambilan sertifikat Microsoft Certified System Engineer (MCSE)

Ir. Hendra Wijaya, Belajar Sendiri Microsoft Windows Server 2008, PT Elex Media Komputindo, 2008

http://www.microsoft.com/windowsserver2008/default.mspx (merupakan gudang informasi teknik yang disediakan oleh perusahaan Microsoft).

http://www.microsoft.com/windowsserver2003/default.mspx (merupakan gudang informasi teknik yang disediakan oleh perusahaan Microsoft).

http://www.microsoft.com/technet (merupakan infoemasi mengenai Microsoft TechNet).


  1. itu

    kok bersambung ceeeeeeeeeee……………………
    gag seruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  2. MAS MAS

    Pa punya materi untuk setingan win server 2008 ga?
    minta dong eh pinjam aja bukunya kalau ada

  3. thya gadiss misteri

    buat ka’ yayat hidayatullah tnks ya’… ilmux… v tlong di bntu donk criin manfaatnya yachhhh…..

  4. noure japanase

    iar penazaran ntuh……………………………

  5. rafli yuda

    pada alay bahasanya, kalo komen yg jelas ngapa




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: